Viral Dokter 77 Tahun di Indonesia Disuntik Vaksin Corona Sinovac

viral-dokter-77-tahun-di-indonesia-disuntik-vaksin-corona-sinovac
January 18, 2021 0 Comments

Viral Dokter 77 Tahun di Indonesia Disuntik Vaksin Corona Sinovac – Di Indonesia, vaksin Corona COVID-19 buatan Sinovac selagi ini hanya dianjurkan untuk orang rentang usia 18-59 tahun. Data uji klinis yang ada selagi ini belum menanggung apakah vaksin berikut safe jika disuntikan pada orang lanjut usia (lansia).

Viral Dokter 77 Tahun di Indonesia Disuntik Vaksin Corona Sinovac

viral-dokter-77-tahun-di-indonesia-disuntik-vaksin-corona-sinovac

Namun, baru-baru ini pakar epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono, mengunggah sebuah video di akun Twitter pribadinya, @dpriono1. Dalam video tersebut, seorang tenaga kesegaran (nakes) berusia 77 th. di Indonesia sedang vaksin Corona Sinovac di RS Medistra, Jakarta.

videos-us.com – Video singkat mengenai perlindungan vaksin Sinovac pada Prof dr Suwandi Widjaja (77 tahun) di RS Medistra dan istri. Sinovac mampu untuk lansia yang sehat. Seperti juga dijalankan di Turkey. mgslotonline Sinovac dianjurkan pada usia 18-59 tahun. Tak ada larangan diberikan pada usia 60+ sehat,” tulis Pandu didalam unggahannya

Saat dihubungi detikcom, Pandu menyatakan bahwa tidak ada larangan lansia tidak boleh disuntik vaksin Corona Sinovac. Terlebih yang disuntik adalah seorang tenaga kesehatan, tidak benar satu grup prioritas vaksinasi COVID-19.

Meski begitu, Pandu memastikan bahwa tidak serta-merta seluruh nakes lansia boleh divaksin. Menurutnya, nakes lansia yang boleh divaksin adalah mereka yang tetap aktif bekerja dan juga perlu sehat.

“Pemerintah itu perlu memprioritaskan kepada nakes, terlebih nakes yang aktif. Kalau yang tidak mau, yasudah lupakan saja. Tapi yang mau, gara-gara dibatasi usia perlu diberikan haknya,” kata Pandu

Bagaimana keamanannya?

Pandu menjelaskan, kebijakan ini telah dijalankan di Turki dan para pakar di sana menunjukkan vaksin Corona Sinovac safe untuk lansia yang sehat. Maka berasal dari itu, jika diamati berasal dari risikonya seumpama terkena COVID-19, maka nakes lansia lebih baik disuntik vaksin untuk turunkan tingkat keparahan infeksi.

“Lebih safe mana sama nggak divaksinasi? Risikonya kecil. Kita itu jika sudi berkhayal risiko itu relatif. Kalau nggak divaksinasi, risikonya jauh lebih berat,” jelasnya.

Namun, kata Pandu, dengan catatan nakes lansia berikut perlu didalam keadaan sehat dan tidak ada kontraindikasi pada vaksin Corona.

“Harus sehat, nggak ada kontraindikasi ya,” tegasnya.

Berbeda dengan Indonesia, beberapa negara menempatkan lansia sebagai grup prioritas vaksinasi COVID-19. Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden yang berusia 78 th. juga lansia yang mendapat vaksin, memakai produk buatan Pfizer yang didalam uji klinisnya telah terbukti safe bagi lansia.

Sementara presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang usianya 66 th. beroleh vaksin Corona Sinovac. Uji klinis vaksin Sinovac pada lansia selagi ini sedang berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *